Saturday, February 12, 2011

Touch of Nature

OMG! I miss my blog..well, you know fren, kita sudah memasuki bulan Februari 2011, time running so fast..As usual, everybody likes new year..oh ia, apakah kalian tau awal tahun berarti musim semi, dan berbagai kalangan menyambut meriah, gak percaya?
Pihak pertama, kalangan petani & pihak perkebunan menyukai semi untuk perkembangan tanaman dan usaha sawah, ladang dan kebun mereka. Pihak kedua, perusahaan fashion dunia menyambut hangat dengan menggelar event Haute Couture Spring-Summer 2011 di berbagai belahan negara seperti, Milan, Paris, Rio De Janerio, dll.
Dan pihak ketiga adalah penata rambut dunia menciptakan mode rambut tahun ini & para penyanyi dan band musik menciptakan album musik di tahun ini juga.
And well, why i choose my title with "Touch of Nature"? Coz hubungan awal tahun (musim) ada hubungannya dengan alam (pepohonan, tanaman dan bunga). Ini terlihat jelas pada berbagai belahan dunia yang mempunyai 4 musim, kalo yang memiliki 2 musim, apakah ini berlaku?
The answer is "Yes", seperti di negara kita yang memiliki 2 musim dan beriklim Tropis.

Here it is..
Bunga dengan kuntum merah yang saya temui ini sedang mekar-mekarnya, dan hingga saat ini saya meng-update blog, bunga ini telah mekar secara total dalam 1 pot (total 8 kuntum). Nama bunga ini sendiri, saya sendiri tidak tau..hehehe...maklum pemilik nya bukan saya, tapi milik ayahku, hobi nya sih..hahaha..Beliau punya 2 pot untuk jenis yang ini.

Hmmm..untuk jenis ini, tentu saya dan fren2 juga tau donk, Anggrek! Bunga anggrek yang kami tanam di rumah sudah cukup lama, kira2 dari tahun 2004. so, anggrek inilah yang paling lama dari semua tanaman kami semua.
Anggrek ini tidak mengenal musim untuk terus menghasilkan bunga, soalnya untuk jenis yang satu ini mudah banget berbunga..(anggrek banyak jenisnya).
Cara tanam dan membiakkan nya mudah, media arang di pot dan untuk memperbanyak jumlah tanaman anggrek cukup pisahkan kumpulan anggrek menjadi masing-masing 1 pot untuk 1 batang tanaman anggrek,hati-hati jangan sampai akarnya luka dan tempatkan di bagian bawah pohon yang rindang. Why? Agar bunga bisa tumbuh dan berbunga selalu.

Tumbuh dan berkembangnya tanaman penggusir nyamuk (beneran ampuh selain Lavender...) sih saya sendiri kurang tau ya, hahaha...tapi pas kebetulan saya mensortir beberapa tanaman, tanaman ini sedang berbunga. Jika anda coba untuk menyentuh tanaman ini dan mencium tangan anda, akan ada aroma tanaman ini dan aroma inilah yang mengusir nyamuk, hahaha...cocok untuk rumahnya yang disarangi dan numpang hidup sama segerombolan nyamuk. We have 3 kind of this plant.

 
Ow yeaaa...Pandan, you know pandan, guys? serumpun dengan jenis rumput2an juga...I think most of us have this plant in our house, right?
Pandan mudah di jaga dan tumbuh, cukup petik daun pandan, manfaatnya sangat banyak untuk kita...apa aza sih?
1. Penambah aroma wangi pada masakan santan dan masakan manis.
2. Pengharum ruangan, mobil dan bagasi...(hemat parfum ruangan nih, hehehe...)
3. Mengusir makhluk2 jorok dan pengganggu seperti kecoak di dalam rumah...(pandan di lawan...)
Kembang biak pandan sama dengan anggrek, cukup pindah 1 bagian ke media lain..

Lidah Buaya (aloe vera)..salah satu jenis tanaman kaktus juga, cuma gak begitu menyeramkan seperti jenis lain...(gak cucuk gituuu..LOL)
Untuk lidah buaya sendiri banyak jenisnya, tapi foto disamping ini adalah jenis yang paling umum di kembangbiakan untuk hiasan rumah dan bisnis industri minuman lidah buaya dan kosmetik (lotion&cream dan shampoo rambut).
Untuk hiasan rumah, tumbuhnya gak bisa besar2 amet, soalnya media tanam kecil dan agar tetap tumbuh, bagian paling bawah dicabut agar bagian atas tetap bisa tumbuh dan menghasilkan.Sedangkan untuk industri minuman, media tanamnya langsung di bidang tanah yang luas dan lapang dengan jarak 1meter antar tanaman. Tips : meskipun di tanam di rumah, tetep bisa dipergunakan sebagai minuman aloe vera dan bahan creambath rambut loh..asal tau cara mengelola nya..^^

Hoi, buat para penggemar juice, tau donk ini buah apa, hayoo....yakk, buah kedondong! Tanaman ini sulit banget menghasilkan buah, tapi aneh, di musim ini, berbuah pulak, tapi sedikit sekali..gak tau salah nya di media tanam atau bibit tanaman ini tidak terlalu banyak meghasilkan buah dan daunya tidak terlalu besar dan lebat.

Yuhuuu....Ini dia salah satu dari spesies jeruk nipis, ini loh yang biasa di pake untuk enakin minuman kelapa muda, tau kan?
Selain buahnya yang bisa digunakan, daunnya juga bisa loh dipake untuk masakan berkuah!
Unfortunately, tanaman yang saya miliki sekarang ini bibitnya tidak terlalu bagus, soalnya tidak banyak menghasilkan buah dan bentuk buah tidak simetris dibandingkan dengan tanaman yang sebelumnya (tanaman sebelumnya sangat bagus tapi mati karena kena asap Genset yang dipake saat musim gila-gilanya mati lampu PLN...Hukzzz...so sad)!!!

After i discuss about small plants & flower. Now, we take part of medium plant..Kebanyakan dari tanaman yang kita tanam adalah tanaman Mangga...
Cheers for them, awal tahun ini, banyak banget menghasilkan bunga dan finally we can have a delicious mango ^^....Yummy..
Foto yang dilihat disamping ini adalah Tanaman mangga jenis Lok Mai  (Jenis Mangga Thailand)
Jenis yang satu ini sudah terkenal manisnya melebihi manga harum manis, dan ukurannya yang tidak kecil, sangat memanjakan penggemar mangga deh pokoknya, hahahaha...
Penyerbukan sangat tergantung pada lalat, lebah dan kupu-kupu. Seneng sih tanaman banyak berbunga, tapi belum tentu baik, dalam 1 tanaman terlalu banyak bunga juga gak bagus, soalnya hasil buah yang dihasilkan tidak akan optimal pertumbuhannya,buah gak akan besar.
Seperti foto disamping, dalam 1 ranting ada 4 batang bunga, terlalu banyak dan pada akhirnya bisa menyebabkan kegagalan total, baiknya sih, dibuang 1-2 batang bunga.
Selain itu, untuk menghasilkan buah yang bagus, baiknya tanaman disiram 3x sehari, dan yang paling prioritas sih pada siang hari. Air harus 60% dari satu tong ember kecil.
Jadi kalo mitos mengatakan penyiraman pada siang hari mematikan tanaman, itu salah besar dan konyolnya, ada yang mengatakan penggunaan AJINOMOTO sebagai pupuk bisa membuat buah mangga menjadi enak rasanya...Hahaha...kinda' funny.. Pliz deh, bukan sayuran kale...malah berbahaya bagi unsur tanah!
Nah, gak cuman bangunan aza ada yang twin tower, bunga juga begitu loh, hahaha..
untuk tanaman Lok Mai, dapat di jumpai koq di berbagai supermarket buah,tapi harga nya sangat tidak memungkinkan untuk dibeli..hahaha...









Owh, almost forgot...satu lagi dari jenis mangga, foto yang disamping ini bunga dari jenis raja mangga yaitu Mangga Rwin, untuk mangga jenis ini tidak dijual di pasaran, soalnya sangat mahal. Faktor yang membuat mahal mangga ini sih, dari segi manis buahnya, tekstur daging buah dan aroma nya...
Warna bunga nya saja beda dengan yang lain, yoo..warna nya merah, sama dengan warna luar buahnya loh..
Jenis Rwin ini sendiri hanya ada 2 di rumah saya, dan yang di foto ini, umur nya masih tergolong muda tapi mampu menghasilkan bunga..Kudos, Rwin!
Well, selain mangga ini ada juga 2 jenis mangga yang di tanam yaitu mangga Cok Anang  & Mangga apel (mangga apel yang ditanam yaitu jenis mangga apel merah) dan pada saat ini sedang offline berbuah..soalnya akhir tahun baru saja proses berbuah selesai yang sama proses nya dengan tanaman jambu air yang ditanam.

After all, semua tanaman yang saya sebut dan bahas itu di tanam di roof top of my house...and i'm proud of this property.
Why? coz we're one step to save our planet and helping our house to reduce the warm atmosphere in the afternoon.
Oke, sekian dulu fren..i hope you like this topic and please to leave a comment to my blog..

Thank You..X)

Follow by Email

Visitors